Dasar-dasar segmentasi pasar

Dasar-dasar segmentasi untuk consumer market (pasar konsumen) adalah sebagai berikut:
a.      Geografik
Banyak pengusaha mensegmen pasar mereka secara geografis, seperti berdasarkan wilayah: kota, pinggiran kota, desa, pantai, pegunungan, dan lain sebagainya. Ada beberapa pengusaha yang mensegmen pasarnya untuk wilayah geografis tertentu saja, misalnya: untuk wilayah indonesia bagian barat, pulau jawa dan Bali, dan lain sebagainya.
b.      Demografik
Dasar yang paling umum digunakan untuk segmentasi pasar adalah faktor demografis, seperti: usia, jenis kelamin, penghasilan, siklus kehidupan keluarga, pendidikan, agama, ras, tingkat sosial, dan lain sebagainya.
c.       Psikografik
Faktor-faktor psikografik yang biasa digunakan untuk mengadakan segmentasi pasar adalah: struktur kelas sosial, karakteristik kepribadian, dan gaya hidup
d.      Harapan konsumen/Tingkah laku konsumen
Segmentasi pasar juga bisa berdasarkan manfaat produk yang diinginkan oleh konsumen, status pengguna, tingkat loyalitas, dan tingkat pemakaian rata-rata produk.

Contoh segementasi pasar 
Tabel 1
Segementasi Pasar konsumsi


Dasar segementasi
Contoh segmentasi pasar
Geografik:
Wilayah
Ukuran kota

Kota/Kabupaten
Iklim

Demografik:
Umur

Jenis kelamin
Siklus hidup keluarga



Pendidikan

Pekerjaan

Agama
Etnis
Penghasilan

Psikografik:
Kelas sosial
Kepribadian
Gaya hidup

Harapan konsumen/Tingkah laku konsumen:
Manfaat produk


Status pengguna

Tingkat loyalitas
Rata-rata pemakaian

Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, makasar
Dibawah 25.000 Km2, 25.000 – 100.000 Km2, 100.000-500.000 Km2
Kota besar, kota kecil, kota, kabupaten, kecamatan
Panas, sedang, dingin/sejuk


Balita, 5-12 tahun, 13-19 tahun, 20-34 tahun, 35-49 tahun, 50-64 tahun, 65 tahun ke atas
Pria, Wanita
Lajang, pasangan muda tanpa anak, pasangan muda dengan anak, pasangan tua dengan anak dewasa, pasangan tua yang sudah sendirian, usia tua sendirian yang masih bekerja atau sudah pensiun (Lihat gambar berikut)
SLTA, Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3, Sarjana, Magister

Pegawai Negeri/Swasta, pengusaha, profesional, manajer, seniman

Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha
Sunda, Jawa, Batak, Ambon
Di bawah 3 juta, 3 – 5 juta, 6 – 10 juta, 11 – 15 juta, 16 juta ke atas

Atas, menengah ke atas, menengah ke bawah, bawah
Ambisius, percaya diri, agrsif, introvert, extrovert, sosial
Konservatif, liberal, berorientasi sehat, senang jalan-jalan




Produk yang variatif: listrik irit, kualitas tinggi, menghilangkan plak gigi, pencemerlang gigi, segar di mulut, harga terjangkau

Bukan pengguna, mantan pengguna, pengguna perta kali, pengguna rutin
Loyal, kurang loyal, tidak loyal
Jarang, normal, sering

Comments

Popular posts from this blog

3 Golongan pembeli dan 3 Golongan penjual

LANGKAH-LANGKAH DALAM ANALISIS PASAR