3 Golongan Pembeli : 1. Golongan pembeli Marginal adalah golongan pembeli yang harga subjektifnya atau daya belinya sama dengan tingkat harga pasar. 2. Golongan pembeli Sub Marginal adalah golongan pembeli yang harga subjektifnya atau daya belinya dibawah harga pasar. 3. Golongan pembeli Super Marginal adalah golongan pembeli yang harga subjektifnya atau daya belinya diatas harga pasar. 3 Golongan Penjual : 1. Golongan penjual Marginal adalah golongan penjual yang ongkos produksinya sama dengan harga pasar. 2. Golongan penjual Sub Marginal adalah golongan penjual yang ongkos produksinya diatas harga pasar. 3. Golongan penjual Super Marginal adalah golongan penjual yang ongkos produksinya dibawah harga pasar.
1. Menguraikan struktur produk pasar Di sini, seorang manajer pemasaran harus dapat menguraikan struktur produk pasar dengan menganalisis sasaran produk (target product) dan susunan produk yang tersedia cukup banya untuk memenuhi kebutuhan para konsumen di pasaran. 2. Mendefinisikan pasar yang relevan Di sini, seorang manajer pemasaran harus mengetahui struktur produk pasar secara keseluruhan, kemudian manajer pemasaran tersebut harus dapat mendefinisikan perangkat pesaing perusahaan yang paling relevan atau potensial. 3. Menganalisis kebutuhan primer untuk pasar yang relevan Pada langkah ini, seorang manajer pemasaran harus dapat mencoba untuk memaha...
Dasar-dasar segmentasi untuk consumer market (pasar konsumen) adalah sebagai berikut: a. Geografik Banyak pengusaha mensegmen pasar mereka secara geografis, seperti berdasarkan wilayah: kota, pinggiran kota, desa, pantai, pegunungan, dan lain sebagainya. Ada beberapa pengusaha yang mensegmen pasarnya untuk wilayah geografis tertentu saja, misalnya: untuk wilayah indonesia bagian barat, pulau jawa dan Bali, dan lain sebagainya. b. Demografik Dasar yang paling umum digunakan untuk segmentasi pasar adalah faktor demografis, seperti: usia, jenis kelamin, penghasilan , siklus kehidupan keluarga, pendidikan, agama, ras, tingkat sosial, dan lain sebagainya. c. Psikografik Faktor-faktor psikografik yang biasa digunakan untuk mengadakan segmentasi pasar adalah: struktur kelas sosial, karakteristik kepribadian, dan gaya hidup d. Harapan konsumen/Tingkah ...
Comments
Post a Comment