Bisnis Ritel

Peran Usaha Ritel
Usaha ritel memberikan kebutuhan ekonomis bagi pelanggan melalui 5 cara :
1.      Memberikan suplai/pasokan barang dan jasa pada saat dan ketika dibutuhkan konsumen/pelanggan dengan sedikit atau tanpa penundaan.
2.      Memudahkan konsumen/pelanggan dalam memilih atau membandingkan bentuk, kualitas dan barang serta jasa yang ditawarkan.
3.      Menjaga harga jual tetap rendah agar mampu bersaing dalam memuaskan pelanggan
4.      Membantu meningkatkan standar hidup masyarakat
5.      Adanya usaha ritel juga memungkinkan dilakukannya produksi besar-besaran (produksi massal).

Fungsi Usaha Ritel
1.      Melakukan kegiatan usahanya di lokasi yang nyaman dan mudah diakses pelanggan
2.      Memberikan beragam produk sehingga memungkinkan pelanggan bisa memilih produk yang diinginkan
3.      Membagi jumlah produk yang besar sehingga dapat dijual dalam kemasan/ukuran yang kecil
4.      Mengubah produk menjadi bentuk yang lebih menarik.
5.      Menyimpan produk agar tetap tersedia pada harga yang relatif tetap
6.      Membantu terjadinya perubahan (perpindahan) kepemilikan barang dari produsen ke konsumen
7.      Mengakibatkan perpindahan barang melalui sistem distribusi
8.      Memberikan informasi, tidak hanya ke pelanggan, tapi juga ke pemasok
9.      Memberikan jaminan produk layanan purna jual, dan turut menangani keluhan pelanggan
10.  Memberikan fasilitas kredit dan sewa.

Comments

Popular posts from this blog

3 Golongan pembeli dan 3 Golongan penjual

LANGKAH-LANGKAH DALAM ANALISIS PASAR

Dasar-dasar segmentasi pasar