Film 99 Cahaya di Langit Eropa Angkat Semangat Toleransi | Ayo Gita Bisa


AyoGitaBisa.com - Toleransi dalam ajaran Islam menjadi kekuatan film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2. Film tersebut mengadaptasi novel berjudul sama karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.

"Konsep film ini, hidup berdampingan secara damai. Mau dibilang ini film perjalanan atau religi intinya ada sejarah di mana Islam bisa hidup berdampingan (dengan agama lain)," kata penulis skenario, Alim Sudio, usai Press Screening Film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2 di Jakarta, Senin (3/3).

Alim mengatakan, pandangan berbeda terhadap satu pemeluk agama di Eropa adalah persoalan universal. Masalah itu juga dirasakan penganut-penganut minoritas di banyak tempat di negara-negara lain.

"Persoalan ini sebenarnya ada di mana saja termasuk di Indonesia," ujar dia.

Beruntung, kata dia, produser film ini justru minta agar cerita secara terbuka dapat menampilkan perdebatan-perdebatan terkait ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. "Kita harus hargai ini," tandasnya.

Sutradara Film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 1 dan 2 Guntur Soeharjanto mengatakan banyak hal-hal yang tidak diceritakan secara detail di novel terkait Islam yang justru kali ini diangkat dalam film.

"Banyak yang tidak ada di novel justru kita detailkan di film, seperti jihad dengan pena," ujar Guntur.

Apresiasi terhadap Film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2 juga disampaikan Wakil Kepala Delegasi Uni Eropa Colin Crooks yang mengikuti press screening bersama ratusan wartawan.

Menurut dia, film ini berhasil mengulas warisan dan peninggalan Islam di negara-negara Eropa yang kurang banyak diketahui orang.

"Hal ini mengingatkan kami, sebagai orang Eropa, bahwa Islam bukan saja suatu jalan hidup tetapi merupakan bagian yang integral dan penting dalam sejarah kami," ujar dia.

Dia juga mengakui, film ini mendorong perlunya toleransi yang lebih baik lagi. Banyak hal-hal perlu dilakukan untuk mengakhiri rasisme dan xenophobia (ketakutan terhadap orang asing) di Eropa mau pun di belahan bumi lainnya.

Film yang diperankan oleh Acha dan Abimana ini juga dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal seperti Raline Shah, Nino Fernandez, Alex Abbad, dan Marissa.

Comments

Popular posts from this blog

3 Golongan pembeli dan 3 Golongan penjual

LANGKAH-LANGKAH DALAM ANALISIS PASAR

Dasar-dasar segmentasi pasar